Senin, 30 Maret 2015

Cara Melihat dalam keadaan Gelap Gulita

Baru-baru ini telah ditemukan sebuah tetes mata yang memungkinkan anda untuk bisa melihat dalam gelap. Penemuan ini merupakan solusi bagi dunia terutama untuk militer, sehingga tidak perlu lagi menggunakan alat ketika bertugas dalam gelap. Penemuan ini ditemukan oleh grup ilmuwan dan hacker biologi dari Calofornia, Science for Masses (SfM).

Tim ini menggunakan Chlorin e6 (Ce6), senyawa yang ditemukan pada ikan laut dalam dan telah digunakan mengobati kebutaan dan kanker, sebagai bahan dasar tetes mata yang bisa melihat dalam gelap. Senyawan Ce6 dicampur dengan senyawa saline, insulin, dan dimetilsulfooksida (DMSO). Target dari senyawa campuran ini adalah jaringan mata yang bertanggungjawab menangkap rangsangan yaitu retina.

Tim peneliti gabungan ini telah mengujicobakan tetes mata ajaib pada manusia. Yang menjadi kelinci percobaannya tak lain adalah anggota tim ini. Saat mengujicoba, tim menginjeksikan 50 mikroliter (
10−6 liter) tetes mata ajaib itu dengan mikrpipet ke mata Lic.

Dua jam setelah injeksi itu, dia dibawa ke tempat gelap untuk menguji kemampuannya melihat di tempat yang gelap gulita. Dalam satu tes yang dilakukan dia berhasil melihat obyek berbentuk tangan pada jarak 10 meter. Dalam tes lain dia bisa mendeteksi posisi seseorang yang berada 50 meter di depannya, di tengah pepohonan yang rimbun. Pagi harinya setelah tes, penglihatannya kembali normal seperti. Tak ada efek sedikit pun yang ditimbulkan. Meski percobaan ini berhasil, Tim Peneliti masih memperingatkan kepada semua pihak agar tidak melakukan percobaan yang sama di rumah atau secara mandiri. Karena bisa mengakibatkan bahaya jika tindakan injeksi ke mata tidak dilakukan oleh seorang ahli. Injeksi secara sembarangan akan merusak permukaan mata dan bisa berujung pada kebutaan permanen. 

sumber: kompas

Tidak ada komentar:

Posting Komentar