Rabu, 26 September 2012

Cara Konfigurasi OpenGL di Ubuntu 12.04 dengan Geany

Grafika komputer

Grafika komputer dapat digunakan di berbagai bidang kehidupan, mulai dari bidang seni, sains, bisnis, pendidikan dan juga hiburan. Berikut adalah bidang aplikasi spesifik dari grafika komputer:
  • Antarmuka pengguna (Graphical User Interface - GUI)
  • Peta (Cartography)
  • Kesehatan
  • Perancangan objek (Computer Aided Design - CAD)
  • Sistem multimedia
  • Presentasi grafik
  • Presentasi saintifik
  • Pemrosesan citra
  • Simulasi
Semester 5 ini ada matakuliah Grafika Komputer yang dibina oleh Bapak Harist Nur Rosyid setiap hari kamis. Dalam matakuliah ini mahasiswa dituntut untuk menguasai konsep dari grafika komputer, bukan menggunakan software seperti adobe photoshop, corel, dll, melainkan menggunakan bahasa pemrograman untuk membuat objeck yang diinginkan. openGL merupakan hal yang wajib dipelajari pada matakuliah ini, OpenGL kepanjangan dari Open Graphic Library, merupakan spesifikasi standar yang mendefinisikan sebuah cross-bahasa, lintas-platform API untuk menulis aplikasi yang menghasilkan 2D dan 3D computer graphics. interfacenya terdiri dari lebih dari 250 fungsi panggilan yang berbeda dapat digunakan untuk menarik kompleks tiga dimensi dari adegan sederhana primitives.

Untuk membuat objek pada pemrograman grafika komputer ini dibutuhkan aplikasi pembantu seperti Visual Studio, yang mana kebanyakan yang digunakan adalah versi bajakan :D, maka dari itu saya menganjurkan bagi teman-teman agar menggunakan software yang open source saja daripada kita menjadi seorang pembajak software termasuk di dalamnya penggunaan sistem operasi :-) (jendela). Berikut langkah-langkah untuk mulai belajar openGL di Ubuntu dengan editor Geany:
1. Instaal Geany (jika belum terinstall pada komputer/laptop) secara online:
  sudo apt-get install geany
install geany
di laptop saya sudah terinstall :D
2. setelah selesai maka install library untuk openGL nya (glut)
  sudo apt-get install freeglut3 freeglut3-dev
proses install geany

  sudo apt-get install binutils-gold
install binutils-gold

3. setelah selesai menginstall paket glut beserta Geany, maka selanjutnya kita bisa memulai untuk menggambar :D, kita coba script di bawah ini:
notepad++
#include <GL/glut.h>
void jajarangenjang(int posx, int posy, int w, int h) { glBegin(GL_QUADS); glVertex2i(posx,posy); //1 glVertex2i(w+posx,posy); //2 glVertex2i(w+posx-50,posy-h); //3 glVertex2i(posx-50,posy-h); //4 glEnd();}void renderScene (void) { glClear(GL_COLOR_BUFFER_BIT); glColor3f(0.,0.,1.); jajarangenjang(-200,200,100,200); glColor3f(0.,1.,1.); jajarangenjang(100,150,100,150); glColor3f(0.,1.,0.); jajarangenjang(-100,-100,100,150);glFlush();}int main (int argc,char **argv){ glutInit(&argc, argv); /*glutInitDisplayMode(GLUT_DEPTH | GLUT_SINGLE | GLUT_RGBA);*/ glutInitWindowPosition(100,100); glutInitWindowSize(640,480); glutCreateWindow("Praktikum 3"); gluOrtho2D(-320.,320.,-320.,320.); glutDisplayFunc(renderScene); glutMainLoop();}

4. setelah selesai menulis script di atas dan agar script di atas bisa berjalan/ di execute di Geany mana pada menu Set Build Commands kita setting seperti berikut:
Compile : g++ -Wall -lGL -lGLU -lglut -c "%f"
Build    :  g++ -Wall -lGL -lGLU -lglut -o "%e" "%f"

execute geany


5. Setelah itu tinggal tekan F5 untuk menjalakan program, maka hasilnya sebagai berikut:
grafika komputer
berhasil :-) hooreee !!!

thanks to: echo, KIOSER, dan teman2 infinity D

Tidak ada komentar:

Posting Komentar