Jumat, 02 Januari 2015

Indonesia akan menguasi MEA 2015 jika meningkatan Pendidikan dan UKM

Pendidikan menjadi sangat penting yang harus diperhatikan oleh pemerintah Indonesia. Potensi Indonesia untuk menjadi pemain dan menguasai AseanEconomic Community (MEA) pada tahun 2015 cukup besar jika pendidikan semakin ditingkatkan hal ini juga karena Indonesia sudah mempunyai kelebihan jika dibandingkan dengan negara lain.
Dengan jumlah penduduk paling banyak di ASEAN Indonesia memiliki kesempatan besar untuk menguasai MEA yang akan segera diterapakan. Hal ini diperjelas oleh Dominic Ziegler (Asia Editor The Economist) mengatakan kelebihan yang dimiliki Indonesia adalah jumlah penduduknya paling banyak di Asean ditambah kelas menengahnya terbesar tidak hanya di Asean tetapi juga di Asia.

Meningkatkan Pendidikan untuk MEA 2015


Untuk memanfaatkan kelebihan itu pemerintah harus meningkatkan hal paling mendasar yaitu masalah pendidikan. "Pendidikan adalah hal utama yang harus dilakukan pemerintah untuk menghadapi Asean Economic Community," ujar dia kepada Investor Daily di Jakarta, Rabu (27/8). Jika jumlah penduduk yang besar sudah mempunyai kualitas pendidikan yang hebat maka Indonesia berpotensi menjadi negara maju bahkan bias mengalahkan China dan Jepang.Tidak menutup kemungkinan bahwa pada tahun 2030 Indonesia akan menjadi negara dengan perekonomian terbesar ketujuh di dunia menjadi kenyataan. Dengan meningkatkan kualitas pendidikan dan pembangunan infrastruktur dan mengangkat Usaha Kecil Menengah sebagai penggerak perekonomian yang dapat mendukung Indonesia menguasi MEA 2015.
Telah lama diketahui bahwa Usaha Kecil Menengah terbukti mampu menyejahterakan rakyat, disaat terjadi krisis, UKM adalah pondasi utama perekonomian Negara, jadi pemerintah harus benar-benar memberdayaan adanya UKM dan memotivasi masyarakat untuk membuat UKM baru yang menjadi ciri khas daerah masing-masing. Besar harapan rakyat Indonesia untuk melihat Negara ini menjadi maju dan berdikari secara ekonomi, dan MEA adalah kesempatan untuk membuktikan bahwa Indonesia bisa bersaing dengan Masyarakat ASEAN dan menjadi negara maju dengan meningkatkan pendidikan dan UKM.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar